1. Prepare
Dalam tahap ini, untuk mendapatkan hasil copywriting yang baik, kamu harus mempersiapkan informasi yang dibutuhkan dalam menyusun copywriting. Apa sajakah informasi tersebut?
- Deskripsi : Deskripsikan produk atau jasa yang anda jual
- Tujuan : Apa tujuan dan cara kerja produk atau layanan jasa ini untuk pelanggan?
- Harga : Berapa harga yang kamu sarankan? dan harga untuk target pasar
- Fitur : Apa saja spesifikasi yang terdapat pada produk atau layanan jasa anda?
- Manfaat : Apa manfaat yang bisa didapat oleh audiens
- Persaingan : Kenali keunggulan produk dibanding produk milik kompetitor
- Jaminan : Bagaimana anda meyakinkan target pembeli? misalnya uji coba gratis dalam 15 hari
- Prospek : Bagaimana target pembeli ideal secara demografis, geografis, minat, hobby, dan sebagainya.
- Media penawaran yang digunakan
- Poin yang perlu dicantumkan dalam iklan promosi
- Metode pembelian dan pembayaran produk atau layanan.
2. Organize
Selanjutnya adalah mengatur informasi terkait dengan informasi produk anda, anda perlu menulis hal-hal penting secara ringkas.
Berikut hal-hal penting yang dapat kamu kembangkan dalam menyusun copywriting :
- Deskripsi
- Tujuan
- Harga
- Fitur
- Manfaat
- Jaminan
- Prospek
- Tujuan
- Penawaran
- Deadline
- Metode Pemesanan
- Metode Pembayaran
3. Write
Setelah melakukan persiapan dan mengumpulkan informasi mengenai produk yang akan anda tawarkan, mulailah menulis naskah copywriting anda.
Berikut adalah bagian - bagian penting yang harus kamu tulis dalam copywriting :
a. Headline
Mencakup informasi seperti deskripsi, keunggulan yang dimiliki produk, manfaat, harga, garansi, dan metode pemesanan dan pembayaran yang bisa kamu kembangkan lagi menjadi lebih menarik sehingga dapat menjangkau lebih banyak target pasar.
b. Sub-headline
Sama seperti headline, sub-heading berisikan tentang informasi produk, keunggulan, manfaat, dan sebagainya. Jika informasi produk pada headline sudah jelas dan mencakup semuanya, kamu bisa lewati bagian ini.
c. Body Copy
Bagian ini bersifat deskriptif yang mana menjelaskan lebih detail dari poin - poin yang sudah kamu tulis di bagian headline sebelumnya.
d. Call to Actian (CTA)
Call to Action bertujuan untuk memikat target pasar untuk membeli produk atau mencoba layanan jasa yang kamu tawarkan.
4. Edit
Pada proses ini, mintalah pendapat dari orang - orang disekitarmu terutama rekan bisnis dengan menggunakan sudut pandang target pembeli mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika orang yang kamu mintakan pendapat memiliki saran, kamu dapat merevisi copywriting kamu dengan menyuntingnya dan membuat alternatif lain dengan menggunakan bahasa atau gaya iklan yang dapat lebih memikat calon pembeli.
5. Review
- Gunakan "5 Second Test" promosikan produk milikmu ke beberapa orang untuk menguji apakah copywriting mu dapat langsung membuat target pasar memiliki minat terhadap produk yang kamu promosikan.
- Jauhkan hal negatif dari produk copywriting mu, selalu tunjukkan sisi positif kepada para calon pembeli.
- Buat alternatif dalam copywriting mu.
- Cari banyak referensi untuk mengembangkan copywriting mu
- Coba "Stop or Go Test". Gunakan sudut pandang orang kedua yang mengarah kepada para calon pembeli.
Source : Dean Rieck|The 5-Step Power of Copywriting